Rahasia Alloh Ta’ala

Oleh : K. H.  Zein Zainal Abidin Bazul Asyhab

Ikhwan sekalian,

Alloh SWT sebagai Tuhan manusia berada dekat sekali. Digambarkan dalam sebuah keterangan bahwa kedekatan Alloh dengan hamba-Nya lebih dekat dengan urat yang berada dilehernya. Ini berarti pada hakekatnya sangatlah mudah untuk menempuh perjalanan bagi orang-orang yang ingin berada bersama Alloh SWT. Tapi masalahnya adalah sejauh manakah usaha keras manusia untuk bisa membuka hijab penghalang antara Alloh SWT dengan makhluk karena dosa dan segala kesalahan menjadikan noda dan titik yang terus menebal di dalam cermin hati seseorang dan sudah pasti akan menjadi penghalang atau tabir yang tidak bisa tembus untuk menggapainya.

Dalam menempuh sebuah perjalanan, perlu disadari licinnya jalan itu, walaupun hanya sekedar mengkikis hijab dosa yang ada pada kalbunya, karena kalbu bersifat tidak kelihatan begitupun dengan dosa tersebut. Tidak sedikit yang beranggapan tentang amal yang dikerjakan seolah menghasilkan kebajikan tetapi nyatanya itu semua sebagai sebuah kesalahan. Ini patut disadari, agar ketika ibadah, ia tidak sombong dan banyak menyalahkan orang lain, apalagi pada hakekatnya rajin ibadahpun semata pertolongan Alloh SWT.

Apabila telah sadar bahwa untuk mengkikis dosa yang menempel dan terus bertambah dalam setiap harinya tidaklah mudah, maka semestinya bagi orang yang mempunyai akal, ia akan berfikir tidak hanya diam berpangku tangan, tetapi mencari cara atau metode yang dapat membawanya kepada jalan keselamatan, bertanya atau yang lainnya.

Yang mulia Syeikh Ibnu Athoillah membuat sebuah pertanyaan dalam Hikamnya, bahwa manusia tidak akan mendapatkan pemahaman rahasia Tauhidulloh apabila didalam hatinya penuh dengan dosa dan kesalahan, baik secara lahir maupun secara bathin, dalam arti lain ia belum bertaubat. Jadi jelas dikatakan di sini bahwa orang-orang yang berrsih dan sucilah yang akan mendapatkan makna hakikat dari Tauhidulloh, akan tercurahkan kepadanya hakikat sebuah penciptaan dan rahasia dibalik indahnya alam ma’rifat.

Sehingga dikatakan dengan suci hatinya dari maksiat, maka ruh tersebut menjadi bersinar terang benderang bersama Tuhannya, ruhnya akan mengembara ke alam malakut kemudian kembali membawa hikmat-hikmat yang berkualitas tinggi yang berguna bagi diri dan lingkungannya. Dan hatinya terus bolak-balik kepada Tuhannnya dengan selalu berdzikir kepada Alloh SWT. Hatinya selalu mendapatkan penyaksian dengan Rabbnya, maka tersingkaplah rahasia ilahiyah. Dan  ini semua bukanlah sebuah omong kosong atau dongeng belaka, tetapi nyata terjadi bagi orang yang sungguh-sungguh melakukannya. Apalagi seorang Syeikh Ibnu Athoillah menulis tidak ada motivasi lain dari yang bersifat keduniaan dan hawa nafsu, semata-mata ikhlas dan buah hasil tapak amal dirinya. Dari pengalaman spritualnya tergerak hatinya untuk menuangkan dalam sebuah kitab Hikamnya.

Maka dengan demikian, apapun bentuk dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan, ataupun kesalahan yang akan datang, kuncinya adalah bertaubat dengan sesungguhnya, Taubat Nasuha, taubat yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Dan dalam bertaubat pun harus mempunyai cara dan pembimbing, disinilah dzikrulloh sebagai alatnya dan Mursyid sebagai pembimbingnya. Niscaya hakikat taubat akan diterima dan menjadi penghapus dosa dan kemaksiatan. Dan apabila hati telah jauh dari segala dosa, pasti baginya memperoleh rahasia Tauhidulloh. Dan hakikat rahasia Tauhidulloh adalah sebuah kesadaran dan amat teramat senang dengan selalu istiqomah hatinya berdzikir kepada Alloh SWT. Wallohu a’lam..[]

5 Responses to Rahasia Alloh Ta’ala

  1. hinakelana414 mengatakan:

    Subhanallah….mencerahkan hati….,

  2. Ar mengatakan:

    Sangat bagus, apakah hrs dgn guru mursid untk mencapainya

  3. Ar mengatakan:

    Apa maksud guru mursid

  4. tita oktarina mengatakan:

    bagaimana caranya belajar untuk menjadi seperti itu tanpa seorang guru?karna saya pernah kecewa dgn yg namanya guru spiritual,sulit sekali untuk mencari guru yg benar-benar bisa membimbing dan menyelamatkan dunia dan akhirat.

  5. Achmad S mengatakan:

    Untuk mencapainya yg paling tepat menurut saya pada saat ini adalah: sebagai panduan baca khtab Al-Hikam dan latihanya ikuti usaha yang dijalankan jamaah tabligh. InsyaALLAH puas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: