Pengakuan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Buat Syeikh Ahmad Sohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom)

Sumber : http://newspaper.pikiran-rakyat.com/

PENGASUH Pondok Pesantren Suryalaya K.H. Ahmad  Sohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom) menerima ucapan selamat dari sejumlah pejabat atas diterimanya penghargaan dari IFNGO Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terkait pengabdiannya membantu pemulihan korban narkoba, di Pontren Suryalaya Kab. Tasikmalaya, Kamis (8/1).* UNDANG SUDRAJAT/”PR”

BERAWAL dari keprihatinan yang dirasakan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Suryalaya K.H. Ahmad Sohibulwafa Tajul Arifin (94), melihat banyaknya anak muda yang terjerumus narkotika, kiai yang akrab dipanggil Abah Anom tersebut mendirikan pondok pesantren khusus yang bernama Inabah.

“Inabah pertama yang didirikan oleh Abah Anom yaitu pada tahun 1980,” kata Juru Bicara Pondok Pesantren (Pontren) Suryalaya K.H. Zaenal Abidin Anwar, di Suralaya, Kab. Tasikmalaya, Kamis (8/1).

Setelah melalui berbagai kajian, termasuk seminar pencegahan narkotika di Pontren Suryalaya, akhirnya Abah Anoh berkekuatan hati untuk membuat pondok pesantren khusus bernama Inabah. Arti nama pontren tersebut adalah pengembalian atau pemulihan seseorang dari jalan yang menjauhi Allah ke jalan mendekatkan diri kepada Allah.

Karena keteguhan serta keikhlasan Abah Anom, upaya penyelamatan korban narkoba tersebut akhirnya membuahkan hasil. Mereka yang kecanduan narkoba bisa pulih seperti semula. Dalam pemikiran Abah Anom, orang yang sedang mabuk, yang jiwanya sedang guncang dan terganggu, diperlukan metode pemulihan (inabah).

Mereka yang mengikuti program Inabah harus ikut kegiatan sepanjang 24 jam. Kurikulum pembinaan yang ditetapkan oleh Abah Anom mencakup mandi dan wudu, salat dan zikir, serta ibadah lainnya. Biasanya, waktu pemulihan antara 40 hari sampai 6 bulan

Cara Abah Anom akhirnya berkembang pesat serta banyak dipercaya oleh berbagai pihak, sehingga banyak keluarga yang menitipkan saudara atau anak mereka ke Inabah. Jumlah pondok Inabah sekarang sudah berkembang menjadi 31 pondok, termasuk sembilan di antaranya berada di luar negeri.

Lebih dari 5.000 orang yang kecanduan narkoba, berhasil pulih kembali setelah masuk Inabah. Abah Anom berusaha dengan sabar membina anak-anak yang jadi korban narkoba tersebut.

Setelah 28 tahun berjalan, apa yang dilakukan Abah Anom mendapat pujian dari berbagai pihak. Abah Anom pernah memperoleh penghargaan dari presiden, atas jasanya membantu pemulihan korban narkoba.

Januari 2009, penghargaan piagam emas “Distinguished Service Awards” juga diberikan kepada Abah Anom oleh International Federation of Non-Government Organisations (IFNGO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Piagam emas yang merupakan puncak prestasi tertinggi dalam pengabdian seseorang membantu memulihkan korban narkoba, terlihat dipajang di dinding ruangan tamu rumah Aba Anom.

Piagam tersebut diberikan di Australia oleh Charmain IFNGO Dr. K.C. Lam kepada perwakilan Suryalaya Jakarta, Ir. Ucu Suparta . Apa yang dilakukan Abah Anom dinilai telah menyelamatkan nyawa serta masa depan anak-anak yang jadi korban narkoba.

Hidup normal

Berdasarkan hasil penelitian Dr. Juhaya S. Praja, tahun 1981-1989, sebanyak 93,1% dari 5.845 anak binaan yang mengikuti program di Inabah, bisa dikembalikan ke keadaan semula. Selain itu, mereka dapat kembali hidup di tengah masyarakat dengan normal. Kondisi itu yang membuat berbagai lembaga memberikan penghargaan kepada Abah Anom.

“Kita bersyukur bisa menerima piagam penghargaan dari PBB. Piagam itu merupakan pengakuan dari dunia atas kerja keras yang dilakukan oleh Abah, dalam membantu menangani korban narkoba,” kata K.H. Zaenal Abidin Anwar.

Sementara itu, Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Timur Pradopo mengatakan, penghargaan diberikan PBB kepada Abah Anom adalah hal yang luar biasa. Artinya, dunia sudah memberikan penghargaan tentang apa yang telah dilakukan oleh Abah Anom selama ini, dalam pengabdiannya untuk membantu memulihkan korban narkoba.

“Itu luar biasa sekali. Guru besar Abah Anom telah memberikan teladan kepada kita semua. Sekarang, kita semua yang meneruskannya, harus benar-benar menjaga keluarga kita, lingkungan kita dari narkoba,” ujar Timur Pradopo saat berkunjung ke Pontren Suryalaya.

Sedangkan Bupati Tasikmalaya Tatang Farhanul Hakim mengatakan, penghargaan dari PBB tersebut merupakan kebanggaan bagi warga Tasikmalaya. Karena terbuki, pengabdian dan kiprah pengasuh Suryalaya telah mendapat pengakuan dari lembaga dunia.

“Saya dan atas nama masyarakat Tasikmalaya benar-benar bangga, dan hal itu menjadi aset kita semua. Apa yang dilakukan oleh Suryalaya benar-benar telah memberikan manfaat dan diakui oleh dunia,” kata Tatang, didampingi Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

Ucapan serupa dikemukakan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Sosial Brigadir Jenderal Kurdi Mustofa, yang datang ke Suryalaya mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Saya sangat gembira dan bangga terhadap Pontren Suryalaya, yang ternyata memang mampu berbuat banyak untuk masyarakat luas. Sehingga, upaya perang terhadap narkoba dilakukan dengan sepenuh hati. Dengan adanya penghargaan dari PBB itu telah membuktikan kalau keberadaan pesantren ini telah diakui dan tentunya menjadi kebanggaan bagi Indonesia,” ujarnya. (Undang Sudrajat/”PR”)***

11 Responses to Pengakuan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Buat Syeikh Ahmad Sohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom)

  1. TuanSUFI mengatakan:

    Mudah2an Barokah Allah terus tercurah kepada beliau, ya. Banyak sekali keteladanan yang telah Abah berikan, walau pun saya belum pernah bertemu langsung beliau, tapi sahabat2 saya yang merupakan murid beliau sering bercerita tentang beliau…

    Postingan ini inspiratif, kang Ikhwan. Perlu lah kita terus kabarkan, kisah orang2 tua yang bijaksana dan penuh aktivitas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab dari merekalah kita bisa belajar keteladanan secara paraktis di masa modern ini.

  2. ikhwan mengatakan:

    Kang TuanSUFI..

    Terima kasih atas komentar dan sarannya….

  3. hapingkale mengatakan:

    Semoga Allah S.W.T memberikan panjang umur kepada abah anom, menambah barokah dan rahmat kepada beliau, dan semoga Allah memberikan kita kekuatan agar bisa tetap istoqomah untuk mengemban amanah dari abah anom. Amin.

  4. Ping-balik: Pimpinan TQN Mendapat Penghargaan dari PBB « TQN Kalipasir

  5. Syidaa Zein mengatakan:

    TQN dah jd myown way…
    moga Allah mhilangkan ksalahfahaman mrk yg menganggap qta musyrik…
    gbu

  6. mohd ridwan zakaria mengatakan:

    luar biasa….. ini bermakna mursyid kita sentiasa dicucuri rahmat oleh allah swt……

  7. Nantikan film dokumenter tentang fanatisme ikhwan TQN terhadap kelompok tarekat ini dan Guru Mursyidnya, Pangersa Abah Anom. Lihat trailernya di http://www.youtube.com/watch?v=d_CMMgp1Ahk

  8. Novi Moch Anshor mengatakan:

    Assalamu’alaikum.
    Alhamdulillah Segala Puji Bagi Allah yang telah menuntun saya kepada ajaran haq Rasulullah SAW lewat lisan pangersa abah QSRA. Mari bersama-sama saling mendoakan supaya apa yg beliau tanam dapat kita amalkan secara istiqomah dan senantiasa Robitoh supaya tidak keluar dari rel yang Pangersa amanatkan. Semoga Allah senantiasa mencurahkan Rohmat dan Mensucikan Ruh Beliau Pangersa Abah QSRA dan semoga kita bersama-sama berkumpul lg dg Pangersa di alam yang langgeng . Amin. Mohon dikirim videonya ya. Terima kasih. ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAN NABIYYIL HASYIMI MUHAMMADIN WA ALAA ALIHI WASALLIM TASLIIMA. Assalamualaikum.

  9. Nugroho Hasibuan mengatakan:

    Assalamu’alaikum.
    Alhamdulillah Segala Puji Bagi Allah yang telah menuntun saya kepada ajaran haq Rasulullah SAW lewat lisan pangersa abah QSRA. Mari bersama-sama saling mendoakan supaya apa yg beliau tanam dapat kita amalkan secara istiqomah dan senantiasa Robitoh supaya tidak keluar dari rel yang Pangersa amanatkan. Semoga Allah senantiasa mencurahkan Rohmat dan Mensucikan Ruh Beliau Pangersa Abah QSRA dan semoga kita bersama-sama berkumpul lg dg Pangersa di alam yang langgeng . Amin. Mohon dikirim videonya ya. Terima kasih. ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAN NABIYYIL HASYIMI MUHAMMADIN WA ALAA ALIHI WASALLIM TASLIIMA. Assalamualaikum

  10. barizi76 mengatakan:

    Reblogged this on BARIZI WEBLOG.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: